Home / Pringsewu / Pelayanan PMDT TB Ro di RSUD Pringsewu Sudah Berjalan

Pelayanan PMDT TB Ro di RSUD Pringsewu Sudah Berjalan

Pringsewu, Tuberculosis adalah penyakit menular yang sangat berbahaya, dan dapat menyerang siapa saja, namun penyakit TBC bisa disembuhkan jika penderita melakukan pengobatan dengan benar dan teratur.

Melalui program TBC HIV Care ‘Aisyiyah Pelayanan Programmatic Management of Drug Resistant TB (PMDT) Resistan Obat (Ro) sudah berjalan khususnya di RSUD Pringsewu yang mulai terhitung bulan April 2020 telah resmi bekerjasama dengan TB Care ‘Aisyiyah Lampung dalam kegiatan PMDT Ro yang bertujuan untuk menangani pasien TBC Resistan Obat.

Idip Winarko selaku Manajer Kasus (MK) TB Ro SR ‘Aisyiyah Lampung mengungkapkan “tugas MK adalah Melakukan Accessesment kepada pasien TB Ro dari awal pengobatan dan melakukan pendampingan pasien hingga dinyatakan sembuh, PMDT Ro perlu dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pasien pada saat pengobatan dan dilakukan pendampingan supaya memberi dukungan biopsikososial kepada pasien” ungkap Idip.

Selanjutnya akan dilakukan perekrutan pada bulan Juni 2020 sebanyak 5 orang Pasien Suporter (PS) untuk ditempatkan di  5 Kabupaten/kota yaitu Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Lampung Utara dan Lampung Selatan masing-masing sebanyak 1 orang.

Hingga kini jumlah sementara pasien per bulan april hingga bulan juni 2020 sudah ada 8 pasien yang terdampingi oleh Pasien Suporter (PS) di RSUD Pringsewu, 8 orang pasien tersebut tersebar dari berbagai daerah yaitu Kabupaten Pringsewu 3 Orang, Kab. Tanggamus  3 Orang, Kab. Lampung Barat 1 Orang dan Kab. Pesawaran 1 Orang.

About admin

Check Also

Inisiatif Lampung Sehat MoU dengan RSU Az-Zahra Kalirejo Lampung Tengah, Bentuk Komitmen Berantas Tuberculosis.

Pringsewu-Inisiatif Lampung Sehat adakan kegiatan Workshop Pertemuan Kemitraan Komunitas Dengan Pemangku Kepentingan Dalam Memperkuat Jejering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *