Home / Bandar Lampung / MONTHLY INTERIM COHORT ANALYS (MICA)

MONTHLY INTERIM COHORT ANALYS (MICA)

Bandar Lampung – Guna menjaga konsistensi Peningkatan Pelayanan dan pemerataan tugas Faskes, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung TO GF dan Wasor adakan kegiatan MONTHLY INTERIM COHORT ANALYS (MICA) selama dua hari 24 – 25 September 2020.

Hal ini bertujuan untuk Menigkatkan Pelayanan dan pemerataan tugas Faskes sebagai upaya optimalisasi pengobatan pasien TBC RO, Case Finding dan meningkatkan pemeriksaan TCM kepada Terduga dan Pasien SO dengan Indikasi TB RO.

Sukses dilaksanakan selama dua hari di Aula Meeting “RM Pindang Uwo” Jl.Saleh Kel.Sumur Putri TBU Balam, kegiatan ini melibatkan Wasor TB Dinkesprov Lampung sebagai fasilitator dan 21 Peserta.
Dengan menghasilkan dua poin setelah diadakannya Rencana Tindak Lanjut (RTL), berikut poin hasil akhir RTL: 1. Tercapainya Success Rate Enroll TB RO, 2. Ditemukannya Kasus TB RO (Default, LFU, yg belum Enroll) dari data SITB Provinsi Lampung.

Pada hari pertama penyampaian materi disampaikan oleh Wasor TB Dinkesprov Lampung, pihaknya menuturkan ada 63 Pasien TB RO Kota Bandar Lampung yang saat ini sedang melakukan pengobatan di RSAM, diketahui Rate Indikasi pasien TB RO adalah gagalnya pengobatan pasien karena kurangnya motivasi dan pengetahuan pasien tentang pengobatan TBC juga blm optimalnya pelayanan Faskes, sehingga mengakibatkan tidak Konversi pengobatan TBC SO dan terjadi 9 Kriteria TB RO.

Dalam pembahasan tersebut menghasilkan putusan Rencana Tindak Lanjut, sebagai berikut:

  1. Melakukan Desentralisasi agar adanya pemerataan tugas di Faskes sehingga dapat mengoptimalkan pengobatan pasien TB RO
  2. Mencari dan menemukan Terduga maupun pasien Default dan Mangkir dari data SITB
  3. Meningkatkan pelayanan pemeriksaan TCM di PKM Faskes Satelit.

Sementara hari kedua diskusi bersama TAK, dokter dan PJ TB PKM Lampung Selatan, selain itu juga mendengarkan paparan para PKM yang sudah melakukan Enroll pasien TB RO sebagai Faskes Desentralisasi.
Diskusi pada hari kedua ini tidak berlangsung lama namun telah menghasilkan kesimpulan guna Lebih meningkatkan Pelayanan sebagai prioritas utama untuk kesembuhan pasien TBC.

  1. Dengan adanya MICA ini diharapkan berjalannya pengobatan pasien TB RO akan lebih baik lagi, dukungan serta kepatuhan pengobatan juga lebih optimal.
  2. Terpenuhinya target pengobatan dengan ditemukannya kasus2 TB RO Default dan Mangkir untuk bisa melakukan Enroll di RS PMDT. Kerjasama ini akan lebih ditingkatkan kedepannya guna SUCCESS RATE TB RO Lampung.
  3. MICA yang berkesinambungan akan dilaksanakan secara periodik di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung

About admin

Check Also

Inisiatif Lampung Sehat MoU dengan RSU Az-Zahra Kalirejo Lampung Tengah, Bentuk Komitmen Berantas Tuberculosis.

Pringsewu-Inisiatif Lampung Sehat adakan kegiatan Workshop Pertemuan Kemitraan Komunitas Dengan Pemangku Kepentingan Dalam Memperkuat Jejering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *