Home / Community / ILS Tanggamus Menggelar Refresment Kader TBC

ILS Tanggamus Menggelar Refresment Kader TBC

Dalam rangka peningkatan kapasitas kader dalam penemuan dan pendampingan orang dengan TBC, Inisiatif Lampung sehat Kabupaten Tanggamus Melakukan penyegaran dan pelatihan ulang Kader TBC di Aula Serumpun padi pada tanggal 28-30 Maret 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan pemahaman dan kemampuan kader TBC komunitas dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan TBC di masyarakat dalam upaya mengakhiri tuberkulosis di kab Tanggamus melalui pelibatan dan pemberdayaan anggota masyarakat. acara tersebut dihadiri oleh 30 kader yang tersebar di 13 kecamatan di kabupaten Tanggamus.

Narasumber acara tersebut Ibu Badriyah, S.Kep selaku Wasor TBC Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus memberikan materi mengenai Informasi terkini TBC Di kabupaten Tanggamus, yang dalam hal ini di Kab Tanggamus di tahun 2019 Angka penemuan kasus atau CDR (Case Detection Rate) mencapai 843 kasus dari 1944 sasaran / 43%, dan di tahun 2020 mencapai 829 kasus dari 1946 sasaran / 43 %, sehingga perlunya stategi dalam meningkatkan capaian di tahun 2021 salah satunya adalah dengan kerjasama dengan ILS Tanggamus sebagai mitra Dinas Kesehatan.

Narasumber yang lain yaitu Bpk H.Heni Suliso, S.Pd selaku anggota komisi 2 DPRD Propinsi Lampung memberikan materi mengenai UMKM bagi kader ILS, dan diharapkan para kader ILS dapat menjadi penggerak bangkitnya ekonomi di masyarakat. Bpk H. Heni Susilo S.Pd, berharap para kader ILS sebagai pelaku UMKM berkreasi, berinovasi dengan baik sehingga menghasilkan produk-produk dengan kualitas yang baik. Juga menjaga kontinuitas agar produk yang dihasilkan tidak terhenti.

Dihari Yang Lain Fasilitator acara Ibu Yuli Fitriana, Amd, Ak sekalu P2PM PKM Talang padang memberikan materi mengenai Informasi dasar TBC dan Pendampingan pasien TBC, agar para kader ILS dapat memahami tanda dan gelaja serta cara pencegahan penularan penyakit TBC, Harapannya para kader ILS sebagai mitra dan perpanjangan tangan Puskesmas mampu mengedukasi keluarga dan lingkungannya agar tersadarkan akan bahaya penyakit ini.

David Ariyanto, S.Kom selaku Ketua ILS Tanggamus sekaligus fasilitator acara tersebut menngatakan dalam upaya memutus mata rantai TBC di masyarakat membutuhkan peningkatan kapasitas kader sebagai ujung tombak dalam penemuan dan pendampingan orang dengan TBC. Pelibatan kader dalam program penanggulangan TBC mewujudkan upaya berbasis masyarakat dan untuk masyarakat. Sebagai bentuk upaya memandirikan masyarakat dalam mengatasi permasalahan TBC

About admin

Check Also

Inisiatif Lampung Sehat MoU dengan RSU Az-Zahra Kalirejo Lampung Tengah, Bentuk Komitmen Berantas Tuberculosis.

Pringsewu-Inisiatif Lampung Sehat adakan kegiatan Workshop Pertemuan Kemitraan Komunitas Dengan Pemangku Kepentingan Dalam Memperkuat Jejering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *