Home / Bandar Lampung / Adakan Ansit TBC, Berikut 3 Poin Pencegahan TBC oleh SSR Bandar Lampung

Adakan Ansit TBC, Berikut 3 Poin Pencegahan TBC oleh SSR Bandar Lampung

Bandar Lampung – Sampaikan hasil analisa situasi TBC di Kelurahan Surabaya kecamatan Kedaton Tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kedaton, Fasilitator Kelurahan Surabaya, dan SSR ‘Aisyiyah Bandar Lampung pada bulan Juli 2020, SSR TBC-HIV Care ‘Aisyiyah Kota Bandar Lampung adakan pertemuan diskusi terfokus (FGD) di kantor kelurahan surabaya, 14 September 2020.

Pertemuan ini dilaksanakan untuk mendiskusikan hasil Ansit dan Langkah-langkah yang harus diambil dalam program penanggulangan TBC di Kelurahan Surabaya. Pertemuan ini dihadiri oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Kedaton, Lurah Kelurahan Surabaya, PD ‘Aisyiyah, SSR TBC ‘Aisyiyah, perwakilan pasien TBC, Mantan Pasien TBC, Lembaga Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kader dan pihak puskesmas Kedaton.

Diperoleh hasil Ansit, Kelurahan Surabaya merupakan Kelurahan dengan jumlah penderita TBC terbanyak di Kecamatan Kedaton, masih adanya stigma di masyarakat tentang pasien TBC, pengetahuan  dan kepedulian masyarakat tentang TBC masih perlu ditingkatkan, dan belum adanya alokasi anggaran dari pemerintah kelurahan untuk penanggulangan TBC.

Bapak Muslimun selaku lurah surabaya menyambut baik program ini dan akan mendukung program sepenuhnya agar masyarakat Kelurahan Surabaya segera terbebas dari penyakit TBC.

Setelah melaksanakan FGD dilanjutkan diskusi bersama dipmpin oleh Pristi WD selaku Koordinator SSR TBC-HIV Care ‘Aisyiyah Kota Bandar Lampung, akhirnya disepakati beberapa hal untuk pencegahan TBC di Kelurahan Surabaya Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung, antara lain:

  1. Akan dibentuk Komunitas Kelurahan Surabaya Bebas TBC.
  2. Penambahan Kader TBC di Kelurahan Surabaya.
  3. Pemerintah Kelurahan Surabaya akan ikut berperan aktif dalam penannggulangan  TBC.

Pada akhir diskusi seluruh peserta menyepakati diadakannya pertemuan lanjutan untuk membahas tentang Komunitas Kelurahan Surabaya Bebas TBC dan rencana aksinya.

About admin

Check Also

Jalin Kerjasama Dengan LazisMu dan ‘Aisyiyah, ILS Bagikan Nutrisi Tambahan untuk Pasien TB Dampingan Kader ILS Bandar Lampung

Bandarlampung, Pada Rabu, 19 Januari 2022 menjadi awal dimulainya kegiatan berbagi nutrisi tambahan untuk pasien …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *