Home / Bandar Lampung / Edukasi Bahaya TBC, SSR Bandar Lampung Adakan Diskusi Kelompok Terfokus (FGD)

Edukasi Bahaya TBC, SSR Bandar Lampung Adakan Diskusi Kelompok Terfokus (FGD)

Bandar Lampung – Sampaikan hasil analisa situasi (Ansit) TBC Kelurahan Kelapa Tiga Kecamatan Tanjung Karang Pusat Tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Tanjung Karang Pusat, Fasilitator Kelurahan Kelapa Tiga, dan SSR ‘Aisyiyah Bandar Lampung pada bulan Juli 2020 menuai hasil yang baik.

Ansit yang diadakan pada hari kamis, tanggal 17 September 2020 ini di motori oleh SSR TBC-HIV ‘Aisyiyah Bandar Lampung, selain menggelar Ansit juga di adakan pertemuan diskusi terfokus (FGD) yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kelapa Tiga.

FGD ini dimaksudkan untuk mendiskusikan hasil Ansit dan Langkah apa yang harus diambil dalam program penanggulangan TBC di Kelurahan Kelapa Tiga.

Pertemuan ini dihadiri oleh Ibu Camat Tanjung Karang Pusat, Lurah Kelurahan Kelapa Tiga, PD ‘Aisyiyah, SSR TBC ‘Aisyiyah, perwakilan pasien TBC, Mantan Pasien TBC, Lembaga Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, kader, dan juga puskesmas Simpur.

Ansit kali ini menhasilkan kesimpulan bahwa Kelurahan Kelapa Tiga merupakan Kelurahan dengan jumlah penderita TBC terbanyak di Kecamatan Tanjung Karang Pusat, masih adanya stigma di masyarakat tentang pasien TBC, pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang TBC masih perlu ditingkatkan, dan belum adanya alokasi anggaran dari pemerintah kelurahan untuk penanggulangan TBC.

Apri Wahidini, S.Hi selaku Lurah Kelapa Tiga menyambut baik program ini dan akan mendukung sepenuhnya agar masyarakat Kelurahan Kelapa Tiga segera terbebas dari TBC.

Selain itu, Ibu Maryana Camat Tanjung Karang Pusat menyambut baik program ini dan tetap setia menemani sampai acara selesai dan ikut andil memberikan nama kelompok masyarakat Kelurahan Surabaya bebas TBC yang akan dibentuk.

Setelah berdiskusi yang dipimpin Coordinator SSR ‘Aisyiyah Pristi WD, akhirnya disepakati beberapa hal untuk pencegahan TBC di Kelurahan Kelapa Tiga, Kecamatan Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung, antara lain:

  1. Terbentuknya Komunitas Kelurahan Kelapa Tiga Bebas TBC “CAHAYA HATI”.
  2. Penambahan Kader TBC di Kelurahan Kelapa Tiga
  3. Pemerintah Kelurahan Kelapa Tiga akan memasukkan program penenggulangan TBC pada Dana Kelurahan Tahun 2021.
  4. Membuat Grup WA Komunitas Kelurahan Kelapa Tiga Bebas TBC “CAHAYA HATI”

Selain itu diakhir acara seluruh peserta menyepakati diadakan pertemuan lanjutan untuk membahas tentang Komunitas Kelurahan Kelapa Tiga Bebas TBC dan rencana aksinya.

About admin

Check Also

Jalin Kerjasama Dengan LazisMu dan ‘Aisyiyah, ILS Bagikan Nutrisi Tambahan untuk Pasien TB Dampingan Kader ILS Bandar Lampung

Bandarlampung, Pada Rabu, 19 Januari 2022 menjadi awal dimulainya kegiatan berbagi nutrisi tambahan untuk pasien …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *