Home / Community / Upaya Berantas TBC, ILS Lampung Selatan Gelar Audiensi Bersama Dinkes

Upaya Berantas TBC, ILS Lampung Selatan Gelar Audiensi Bersama Dinkes

Lampung Selatan – Bahaya penyakit Tuberculosis (TBC) mengintai semua jenjang usia, baik anak-anak, remaja maupun lansia, penyebaran penyakit TB sendiri dapat melalui berbagai hal seperti  melalui sentuhan kulit secara langsung dengan pasien tb, melalui cairan tubuh seperti darah, dari Ibu ke anak melalui air susu, melalui percikan, kontak dari manusia ke hewan dan masih banyak lagi yang lain.

Selain mengganggu aktifitas dan kesehatan pasien TB, kemungkinan terburuk bagi pengidap penyakit tb adalah kematian, merujuk pada tahun 2019 sendiri tercatat pasien meninggal akibat Tuberculosis dilampung sudah 90 Orang.

Melihat bahaya penyakit menular Tuberculosis Inisiatif Lampung Sehat (ILS) kabupaten lampung selatan gelar audiensi bersama Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Kamis 25 Februari 2021.

Rudi Hartono selaku Ketua ILS Lampung Selatan dan Pelaksana Program TB ILS oleh Konsorsium Komunitas PENABULU – STPI di Kabupaten Lampung Selatan menyampaikan pentingnya melakukan audiensi bersama Dinas Kesehatan Lampung Selatan, hal ini penting guna koordinasi terkait penanganan penyakit menular seperti Tuberculosis.

“Penyakit TBC adalah penyakit klasik yang perlu di bantu oleh semua pihak, dalam hal ini ILS berdiri karna keperihatinan dalam masa pandemi ini, Penderita TBC rentan Terdampak covid19, ILS juga siap membantu pemerintah dalam menempatkan relawan dan kader dalam penjaringan terduga TBC, pendampingan terhadap pasien TBC dalam pengobatan sampai edukasi kepada masyarakat” tutur Rudi.

Selain Koordinasi , audiensi tersebut juga dalam rangka silaturahim ILS bersama Dinkes Lampung Selatan, mengenalkan Pelaksana program ILS kepada Dinkes dan koordinasi wilayah kerja kader program ILS di kabupaten lampung selatan.

Audiensi ini diterima dengan baik oleh Dinas Kesehatan Lampung Selatan melalui Kabag P2PM Ibu Kristi, Wasor TB ibu Anisa, S.Km dan Kasi P2PM Bpk Basuki Didik Setiawan, S.Km, MM

Ibu Kristi selaku Kabag P2PM menyampaikan dukungannya terhadap kerjasama yang dibangun oleh ILS dalam melakukan penanggulangan penyakit TB berbasis Komunitas di Kabupaten Lampung Selatan.

“Peran masyarakat dalam hal ini komunitas peduli kesehatan yaitu ILS sangat membantu dinas kesehatan untuk meningkatkan capaian CDR, Perlu sinergi yg baik sampai di Puskesmas” Tutur Kristi.

About admin

Check Also

Jalin Kerjasama Dengan LazisMu dan ‘Aisyiyah, ILS Bagikan Nutrisi Tambahan untuk Pasien TB Dampingan Kader ILS Bandar Lampung

Bandarlampung, Pada Rabu, 19 Januari 2022 menjadi awal dimulainya kegiatan berbagi nutrisi tambahan untuk pasien …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *